Kata Cantik Tidak Lagi Untuk Mereka yang Berkulit Putih dan Muda

Standard kecantikan memanglah senantiasa beralih. Pada umumnya budaya, mereka yang masih tetap muda, langsing, serta putih, dipandang penuhi persyaratan cantik. Namun, menurut survey paling baru, cantik serta muda tidak sekali lagi jadi standard kecantikan.

Tim peneliti dari Kampus Boston, Massachusetts, menunjukkan kalau standard kecantikan wanita di AS mulai berubah. Riset dikerjakan dengan memperbandingkan daftar ” 50 Wanita Paling cantik ” versus majalah People yang terbit dari tahun 1990-2017.

Akhirnya, mereka yang masuk nominasi jadi wanita paling cantik tidak terbatas pada wanita berkulit putih serta langsing saja. Julia Robert, Viola Davis, serta Selena Gomez, dipilih jadi wanita-wanita dengan kecantikan baik. Hal semacam ini menggembirakan karna kriterianya berlainan dengan masa tahun 90-an yang relatif pilih wanita muda serta seksi.

Tim peneliti mengatakan mereka berniat menggunakan daftar wanita cantik dari majalah People karna sesuai sama standard kecantikan Amerika. Sekitaran 43, 5 juta pembaca majalah ini yaitu warga Amerika.

System riset itu dikerjakan dengan memperbandingkan 50 bintang dari semua selebriti yang masuk dalam deretan top daftar di tahun 1990 dengan 135 selebriti di masa kekinian. Riset difokuskan pada umur, type kelamin, ras, type kulit, warna rambut serta mata, dan keadaan kulit.

Penelitian yang di pimpin oleh Dr. Mayra Maymone itu membuka kenyataan kalau rata-rata umur selebriti yang dipandang cantik bertambah. Ini berarti, wanita yang telah berusia juga masih tetap digolongkan cantik. Kenaikannya dari 33 % di tahun 1990 jadi 38, 9 % pada 2017. Lantas, selebriti dengan kulit non-putih bertambah dari 24 % jadi 40 % di tahun 2017.
Cuma ada satu selebriti dengan ras kombinasi di tahun 1990, banding di tahun 2017 yang sejumlah sampai 14.

” Data yang kami peroleh dari riset nyatanya bertentangan dengan hipotesis kami. Rencana kecantikan saat ini sudah diwakili oleh bermacam umur serta warna kulit, ” ucap Mayra.

Mayra memberikan kalau mass media sudah mengambil keputusan persyaratan spesifik jadi standard kecantikan.

” Saat ini standard kecantikan itu sudah beralih waktu beberapa orang mulai belajar untuk sesuaikan dampak media dengan budaya baru dan etika yang berlainan, ” imbuhnya.

Penelitian juga menunjukkan kalau cuma ada empat wanita dengan kulit non-putih yang terima titel jadi wanita paling cantik dalam 27 tahun paling akhir mulai sejak tahun 1990, yakni Halle Berry, Jennifer Lopez, Beyonce, serta Lupita Nyong’o. Disamping itu, pemeran paling utama ‘Pretty Women’, Julia Robert, memenangi nominasi itu sejumlah lima kali.

Sayangnya penelitian sama belum juga sempat dikerjakan di Indonesia. Bila diliat di media, terlebih iklan product kecantikan serta baju, banyak yang membanderol standard kecantikan dari bentuk badan, warna kulit, serta rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *