Tidak Ada yang Mau Celaka, Lakukan Prinsip Dasar Ini

Kecelakaan di jalan raya masih tetap jadi momok yang menakutkan untuk beberapa pemakai kendaraan bermotor, baik roda dua ataupun roda empat. Sesungguhnya, hal itu karna masih tetap minimnya kesadaran pengendara dalam teratur berlalu lintas.

Oleh karena itu, apa pun type kendaraannya, keamanan adalah aspek paling perlu yang harus di perhatikan banyak pengemudi.

Ditulis situs resmi NTMC Polri, Jumat (29/9/2017), terdapat banyak point keselamatan basic yang harus di perhatikan waktu mengemudi, yang dapat menghindari pengemudi dari kecelakaan jalan raya. Tersebut panduan lengkapnya :

1) Pantau Keadaan Kendaraan Anda
Pemeliharaan kendaraan bukan sekedar langkah perlu untuk perpanjang umur mobil, namun penting juga untuk keselamatan berkendara. Begitu, yang memiliki juga akan mengerti dan mendeteksi mulai sejak awal, apa sajakah problem mobil yang tengah dihadapi sebelumnya problem itu jadi besar, serta menyebabkan hal yang fatal. Satu diantara problem pemeliharaan paling umum yang bisa mengakibatkan kecelakaan yaitu desakan ban yg tidak pas. Desakan yg tidak rata pada ban, tidak cuma bisa memengaruhi kemampuan bahkan juga dapat juga mengakibatkan ledakan, terlebih waktu mobil ada pada kecepatan tinggi. Komponen yang paling perlu yaitu rem mobil. Bila Anda lihat sebagian “kelembutan” di pedal rem, atau rasakan getaran saat rem diinjak, baiknya selekasnya kontrol ke bengkel.

2) Patuhi Rambu
Rambu jalan raya yang dipasang di jalan raya tidak cuma jadi penunjuk jalan, atau buat jalan raya jadi lebih teratur. Rambu juga berperan membuat perlindungan beberapa pemakai kendaraan dari bahaya kecelakaan.

3) Jagalah Kecepatan
Karena aktivitas yang tinggi, sering buat banyak pengemudi yang meremehkan keselamatan lantas meningkatkan kecepatan setinggi-tingginya. Untuk menguber saat, mereka tidak memedulikan keselamatan, walau sebenarnya terkecuali membahayakan sendiri hal itu dapat juga membahayakan nyawa orang yang lain. Senantiasa pakai lampu sein di tiap-tiap peluang waktu juga akan ambil jalur beda atau berbelok. Diluar itu, spion mesti tidak sempat luput dari pandangan pengemudi.

4) Sabuk Keselamatan
Banyak beberapa pakar berkendara begitu merekomendasikan supaya beberapa pengemudi tidak meremehkan perlunya penggunaan sabuk keselamatan. Sabuk adalah satu diantara alat didalam mobil yang bisa menyelamatkan nyawa. Janganlah memakai sabuk keselamatan cuma karna takut pada polisi, karna Anda yang semestinya lebih perduli pada keselamatan Anda sendiri dibanding polisi bukanlah.

5) Jagalah Jarak Aman
Supaya terlepas dari beberapa hal yg tidak dikehendaki, pengemudi baiknya senantiasa memerhatikan jarak aman waktu berkendara. Pengemudi mesti cukup cekatan untuk bereaksi bila mobil di depannya berhenti dengan mendadak.

6) Janganlah Ngantuk
Satu studi yang dikerjakan oleh beberapa peneliti di Virginia Tech Amerika Serikat, kalau 20 % dari semuanya kecelakaan dikarenakan pengemudi yang mengantuk. Bila pengemudi telah cukup capek, dianjurkan untuk selekasnya menepi untuk tidur sesaat. Beberapa orang berfikir bila menguap tidaklah hal yang perlu di kuatirkan. Walau sebenarnya, menguap yaitu system peringatan dari badan untuk selekasnya mengistirahatkan diri. Pemecahannya simpel, sebelumnya mengemudi yakinkan tidur malam Anda baik. Yakinkan memperoleh delapan jam tidur, atau bahkan juga istirahat dengan teratur.

7) Janganlah Menelepon
Beberapa negara sudah melepaskan undang-undang yang melarang pemakaian hp waktu mengemudi. Argumennya yaitu jumlah kematian yang dihubungkan dengan aktivitas itu nyatanya cukup besar. Hal itu menunjukkan kalau kesibukan menelpon waktu mengemudi yaitu hal yang begitu beresiko. Menelpon waktu mengemudi begitu beresiko karna konsentrasi mengemudi juga akan buyar, mengakibatkan tingkat resiko pada kecelakaan bertambah. Walau waktu menelpon mata tetap masih lihat ke depan tetapi konsentrasi otak pasti juga akan terpusat pada lawan bicara di telepon. Mengakibatkan, konsentrasi anda juga akan mengawasi jalan raya juga akan hilang mengakibatkan kewaspadaan juga juga akan buyar juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *